Monday 25 January 2010

Master vs Nubi

Apa bedanya master ama nubi? Ini topik yang pernah jadi diskusi panas di room beberapa hari yang lalu :D

Ada temen yang berpendapat bahwa sebenernya ndak ada beda antara master dan nubi. Menurut pendapatnya, biar master sekelas apapun, peluang profit untuk setiap posisi tetap sama 50:50. Mo pake analisis secanggih apapun, pada akhirnya semua akan ditentukan oleh nasib dan market. Jadi ndak ada bedanya dengan nubi yang melakukan open position tanpa analisis, cuma klik, dan berdo'a... Klo nasib lagi mujur ya ijo, klo lagi sial ya merah... :D

Apa bener githu? Weh... terus terang, klo githu kenyataannya, gw rada tersinggung juga nih... Bukan berarti gw ngerasa master dan beda dengan nubi loh... Cuman, mosok sih "pengorbanan" gw selama ini dalam rangka belajar dan memahami segala sesuatu tentang forex trading ini ndak ada gunanya?

Untung ada temen yang berpendapat lain. Gini, okelah peluang profit sama 50:50, tapi ada beda di "tingkat keyakinan". Boleh gw ambil kesimpulan, peluang sama 50:50, tapi mengambil posisi tanpa analisis keyakinannya mungkin berkisar 50%. Klo dengan analisis abal-abal? ya... mungkin berkisar antara 60%lah... xixixix Nah, klo dengan analisis matang? bisa jadi meningkat jadi 95%.

Hmm... sampai di sini gw jadi rada lega... Ooo... brarti ada gunanya juga ya, gw dibela-belain begadangan buat belajar... :D Walah... bisa jadi ini hanya menghibur diri :D Yah, setidaknya dengan dasar analisis yang "dapat dipertanggungjawabkan", gw ndak terlalu nyesel klo ternyata dapet pips merah juga :D

Yang jelas sih klo gw yang ditanya: apa bedanya master ama nubi? Gw jawab: ya jelas bedalah... wong huruf depannya aja beda, satunya "m", yang satunya "n" =))
Get the ultimate ipad help from iPhone Help Zone.