Tuesday 19 May 2009

Trading [buat gw] is about passion

Gw suka ditanya, "ngapain sih belajar jadi trader, ga cuma buang-buang waktu?" Ato kalo ga pertanyaan klasik berikutnya, "emang dapet berapa sih dari trading, kok sampe rela begadang githu?" Wew, jawaban paling simple untuk pertanyaan model githu sih nyengir aja :)) Abisnya susah sih nerangin dengan singkat. Mosok gw harus nerangin detil gimana "asyiknya" trading ke orang yang belom pernah nyoba trading. Weleh, syusyah lah... Tapi khusus kali ini gw akan coba kasih jawaban, kenapa sih gw mau ber"asyik-asyik" [bukan bersusah-payah loh ;)] belajar trading :)

Sedikit bernostalgia jaman masi kuliah ni... ;) Gw punya dosen yang hobi banget nerangin dengan bantuan chart. Banyak temen gw yang ngeluh dengan cara beliau ini, soalnya menurut mereka chart itu bukannya mbantu bikin ngerti tapi malah bikin tambah puyeng! :)) Terus-terang [bukan philips loh ;)] gw suka heran denger keluhan temen-temen ini. Soalnya, gw setuju banget ama dosen ybs, bahwa chart itu bisa banyak "bercerita". Satu chart itu kalo diterangin sama dengan berlembar-lembar kata-kata [cieee...]. Herannya, gw jarang banget nemuin orang yang sependapat dengan cara gw "menyimak" chart :)) Gw sempet mikir, apa emang gw yang aneh ya? :))

Pertanyaan ini sebenernya udah terjawab pas gw baca buku "Personality Plus"nya Florence Littauer, ternyata gw termasuk orang dengan kepribadian melankolis (dengan campuran koleris), yang biasanya emang lebih berorientasi detil, termasuk menyukai angka dan grafik! :)) Tapi tetep aja gw masih jarang menemukan orang yang "sejenis" dalam kehidupan sehari-hari, yang bikin hobi gw bahas chart kurang kesampaian :)) Baru deh, setelah gw mulai belajar trading, gw "bertemu" dengan orang-orang yang "sejenis", bahkan jauh lebih "gila" dari gw dalam hal angka dan chart :)) Hah! jadi tau deh, ternyata gw punya banyak "temen" yang lebih "parah" :))

Bukan cuma masalah merasa punya "temen" sih, yang bikin gw betah belajar trading. Entah kenapa, gw ngerasa ada kepuasan tersendiri [ciee...] kalo setelah corat-coret sana-sini, open position, kemudian kena target. Wiiih, puasss deh rasanya :)) Bukan masalah uang yang di dapet loh ;) [Soalnya gw emang ga pake modal gedhe, jadi hasil dollarnya juga gak gedhe :))] Uang mungkin hanya efek samping sih :)) makanya gw lebih seneng ngeliat keberhasilan dalam itungan pips, bukan satuan uangnya. Yang susah tergantikan ya, kepuasannya itu loh :)) yang buat gw, gak bisa didapet dari kerjaan gw sehari-hari ;) Itulah kenapa kalo ada orang yang nanya, berapa "dapet" dari trading, buat gw pertanyaan itu gak relevan :)) It's not about money, it's about passion!

Ok. Mungkin gw bisa enjoy gini karena emang gak ngelibatin model gedhe :)) Ya mungkin juga karena itu sih ;) Prinsipnya, buat gw, trading itu mesti enjoy: profit enjoy, loss juga tetep enjoy :)) Makanya prinsip kehati-hatian [prudent dalam investasi] juga mesti dipake di sini: jangan deposit melebihi kemampuan :)

Saat ini emang gw baru sampe pada tahap trading for fun [namanya juga baru kenal dan masi belajar ;)], tapi gw respek banget dengan trader yang udah sampe taraf trading for living. Kalau beliau emang tetep bisa enjoy bertrading, wow, itu pekerjaan yang asyik banget!

Ok deh, doa'in aja gw [kita] tetep bisa survive di dunia forex ini ;) [asal jangan keseringan MC sih :))] Thank's to U, guys, for make me feel "not alone"...

1 comments:

Unknown said...

trading dengan kesungguhan akan membuat usaha kita optimal, hal ini dirasakan pula ketika mengelola trading dengan bantuan dari bonus di octafx, dengan pengelolaan yang baik dan keinginan yang kuat, maka usaha yang dilakukan tidak asal dengan OP yang besar saja

Post a Comment

Get the ultimate ipad help from iPhone Help Zone.