Monday 25 May 2009

Fundamentalist ato Technicalist?

Sebagai trader lulusan dari Fakultas Ekonomi, gw [tadinya] yakin banget sama analisis fundamental. Trading sambil buka buku Pengantar Ekonomi Makro [klo diinget-inget konyol banget deh :))], berusaha nyari hubungan antara news dengan gerakan pasar [yang biasanya selalu meleset :-P]. Entah teori yang nggak sesuai kenyataan, ato gw yang kurang paham teori, nggak tau lah... yang gw tau, analisis yang gw lakukan lebih banyak melesetnya :))

Akhirnya, menyadari bahwa di forex ternyata gw termasuk newbie yang "sok pede" [yang berujung pada loss terusss :))], gw tertantang untuk belajar sendiri dari e-book. So, dilahap deh seabreg e-book. Sampe enek deh pokoke :)) Itu dirasa belum cukup, ditambah lagi "sekolah" di baby pips.

Nah, sebagai trader lulusan baby pips :-P, gw kemudian berusaha mengamalkan ilmu yang diajarkan di "sekolah"ini. Analisis sebelum open position lengkap deh, pokoke. Pasang [banyak] indikator, pasang kuping juga [sapa tau ada news], timbang sana-timbang sini [plus banyak ragu 'n bingung :)] baru deh memberanikan diri OP. Hasilnya? weh, masih aja loss... :))

Putus asa? terus terang: hampir! :)) Untung aja gw segera dapet "pencerahan", bahwa indikator nggak perlu dipasang banyak-banyak, bahwa news kadang-kadang [malah sering ;)] perlu dicueqin aja. Pelan-pelan gw malah lebih condong ke analisis tekhnikal dari pada fundamental. Bukan berarti gw bilang analisis fundamental nggak ada gunanya [weh, ntar bisa-bisa diprotes ama dosen Pengantar Ekonomi gw nih :-P], itu semua tergantung gaya trading masing-masing trader.

Ada trader yang lebih cocok trading berdasarkan news. Bekalnya: jadwal news di setiap negara [yang mata uangnya kita perdagangkan], kemudian antisipasi dilakukan menjelang news diluncurkan. Ada juga trader yang lebih mengandalkan analisis tekhnikal. Bekalnya: indikator yang "pas" plus pemahamannya.

Nah, tinggal pilih [contreng aja 'kaleee ;)], mau jadi fundamentalist ato technicalist?

1 comments:

Unknown said...

trading dengabn teknikal selama ini di octafx bisa dilakukan relatif mudah dibanding dengan fundamental yang banyak faktor penggerak ekonnomninya, namun begitu bukan berarti untuk update berita ekonomi dan keuangan bisa kita abaikan, karena inilah yang bisa membuat trader terhindar secara langsung dari resiko mc

Post a Comment

Get the ultimate ipad help from iPhone Help Zone.