Sunday 21 June 2009

Let's use the secret 'n mind mapping theory on trading ;)

Dah pernah nyoba kedua teori yang lagi naik daun ini? Yuk kita coba diaplikasikan untuk trading... :) Aneh? ya ndak apa-apa toh... namanya juga nyoba ;)

Eh, sebentar, gw review singkat dulu kedua teori ini ya... The secret pada dasarnya sebuah teori yang beranggapan bahwa segala hal bisa kita "tarik" dalam kehidupan kita, asalkan kita "memancarkan gelombang" yang sesuai dengan hal tersebut. Gambarannya seperti garpu tala [atau juga benda lain] yang akan bergetar apabila ada benda lain yang bergetar dengan frekuensi yang sama. Nah, kalau kita menginginkan hal positif dalam hidup kita, misalnya sukses dalam trading, kita juga harus memancarkan gelombang positif untuk menarik hal tersebut menjadi kenyataan.

Mind mapping pada dasarnya menyatakan bahwa otak manusia terdiri dari bagian kiri yang mengatur masalah rasional dan bagian kanan yang mengatur masalah passion. Kedua bagian otak ini harus digunakan secara seimbang dan proporsional supaya segala sesuatu dalam kehidupan kita juga seimbang.

Kira-kira githu deh... [klo ada yang lebih tau tentang kedua teori ini silahkan kasih masukan ya... :)]

Ok. Terus, gimana aplikasinya untuk trading? Yuk, kita coba aja deh... Langkahnya kira-kira berikut:
  1. Pancarkan energi positif dari diri kita. Caranya? pikirkan hal-hal yang positif dan menyenangkan. Intinya, aktifkan otak kanan dengan hal positif. Hal yang paling dianjurkan untuk membangkitkan energi positif adalah "bersyukur". Loh, kayak nggak ada hubungannya ya? ada doong... orang yang bersyukurkan berarti berpikir positif terhadap kehidupannya :)
  2. Stimulus otak kanan ini dengan membayangkan berapa target yang akan dicapai dalam trading hari ini, misalnya 300 pips [angkanya sih terserah masing-masing ;)] Gak cuma sekedar membayangkan sekilas, tapi bayangkan dengan detil, dan rasakan bahwa hal tersebut benar-benar terjadi. Misalnya, bayangkan chart akan bergerak mencapai target profit kita. Intinya, gunakan kekuatan bawah sabar di sini. Begin with the end in mind, kalo kata Setphen R. Covey (The 7 Habits)
  3. Setelah yakin dengan target, aktifkan otak kiri dengan melakukan analisis seperti biasa. Oya, ada anjuran untuk mengistirahatkan otak kiri ini setiap 1 jam sekali, karena otak kiri optimal bekerja selama 1 jam. Istirahatlah setiap 1 jam sekali, dengan mengaktifkan otak kanan sejenak [kurang lebih 5 menit]. Caranya? Tergantung passion masing-masing. Yang senang nyemil silahkan nyemil dulu, yang seneng ngopi silahkan ngopi dulu, yang seneng musik silahkan dengerin musik dulu. Tapi ingat, 5 menit cukup, jangan kelamaan, klo kelamaan ntar nggak jadi trading doong...
Langkahnya kira-kira seperti di atas, selebihnya lakukan sistem trading menurut pemahaman dan gaya masing-masing :)

Berani coba? Silahkan... Eh, klo berhasil bilang-bilang ya... :) Klo gagal? wew, kayaknya gw perlu siap-siap disclaimer nih... qqqq ;))

2 comments:

Wison said...

» waduh ibu.. PRnya koq berat² sih xixixix

greenpips seeker said...

Lah, kan ndak berat... cuma perlu konsentrasi dikit koq... :)

Post a Comment

Get the ultimate ipad help from iPhone Help Zone.