Monday 15 June 2009

Trading is all bout our self

Suka geli sih, klo liat ada yang kebingungan di room masalah pengambilan keputusan ber-trading. Bukan apa-apa, jadi inget aja minggu-minggu pertama gw belajar forex. Pokoke "bingung" is my middle name :) buy ato sell? berapa sih target profit-nya? trus berapa stop loss-nya? weh, kok merah? harus digimanain nih? close sekarang ato ntar? Serba bingung deh... :))

Bukannya sekarang udah jago loh..., wong masa belajar gw di forex juga baru sekitar 3 bulanan [swear! makanya bagi yang nganggep gw dah master: salah besaaarrr :))] Cuma, sekarang sih syukurlah, gw dah nggak langganan bingung lagi. Bukan karena dah pinter analisis juga, cuma karena gw dah sadar, apapun keputusan yang gw diambil saat gw trading, itu urusan gw sendiri. Lah, iya to? Wong loss juga loss sendiri, profit juga profit sendiri :)) Tunggu-tunggu, jangan sewot dulu ;) maksud gw, klo keputusan yang kita ambil itu berdasarkan pendapat kita sendiri, brarti kita dah siap ambil resikonya kan? Kalau benar: bisa merasakan puasnya, klo salah: ya nggak usah nyari kambing hitam doong...

Emang sih, gw suka nyari rekomendasi dari para master semacem weekly projection dari Gopips. Semua dijadiin bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Tapi keputusan akhir tetap kita sendiri yang harus ambil [lah, iya, mau gimana lagi, wong terus terang gw juga sering nggak paham maksud "garis-garis" yang dibuat para master itu :P qqqq]

Yang intinya, coba deh, bangun rasa percaya diri pada hasil keputusan sendiri. Klo masih belajar, nggak ada salahnya coba-coba macem-macem transaksi pake virtual dulu. Ntar klo udah dapetin "touch"-nya, pasti deh akan lebih percaya diri. Jadi nggak tergantung ama trader lain. Eh, ntar bisa-bisa klo dikasih sinyal malah balik nanya: mosok? ;)

0 comments:

Post a Comment

Get the ultimate ipad help from iPhone Help Zone.