Thursday 3 September 2009

Trading Learning Sites

Terus terang gw suka khawatir dengan temen-temen newbie yang keliatan langsung pe de berat saat trading. Main OP tanpa dasar analisis yang kuat, cuma berdasarkan "kira-kira" dan bangga dengan hasil "sementara" yang bisa didapet. Okeylah, untuk sementara mungkin dasar kira-kira yang mereka pake pas kebetulan aja bener. Tapi gw khawatir, "kebetulan" itu ndak akan berlangsung lama. Ujung-ujungnya paling-paling MC, trus kesan yang dia dapet: forex is suck! :))

Bukan artinya gw under estimate sih :) Gw sendiri pernah ngalami masa-masa seperti itu, yang untung saja tidak berujung pada omelan dan hujatan, tapi berakhir dengan kesadaran dan pengakuan bahwa ini dunia dan ilmu yang bener-bener baru buat gw dan harus gw akui, gw ndak secerdas yang sebelumnya gw bayangkan! :))

Dengan kesadaran itulah gw mulai belajar serius tentang forex. Nanya sana-sini, googling sana-sini, dan akhirnya gw ketemu dengan situs-situs berikut, dimana gw banyak belajar tentang dunia dan ilmu baru buat gw, yang "sial"nya :)), mulai bikin gw tertantang dan bahkan boleh dikatakan terobsesi :))

Buat temen-temen yang [asli] newbie, gw sangat merekomendasikan untuk belajar dari situs-situs ini:
  • BabyPips ini situs yang bisa gw bilang lengkap banget buat pemula yang pengen belajar tentang dunia forex. Bahasanya juga cair dan renyah, bahkan kadang bikin kita bisa nyengir :D Yah, lumayan buat selingan saat pusing serius belajar :D
  • Online Trading Concepts ini situs alternatif yang lumayan juga buat belajar. Di sini topik sudah diklasifikasikan: technical indicators, candlestick patterns, chart patterns dan option strategies. Bahasanya emang rada serius, ndak serenyah di babypips, tapi lumayan informatif kok :)
  • Belajar Forex yang ini tempat belajar forex yang berbahasa indonesia, jadi khusus gw rekomendasikan buat temen-temen yang masih susah paham bahasa inggris [kayak gw :)]. Bahasanya juga lumayan cair, jadi lumayan enak diikuti
  • Gopips nah, klo yang ini, tempat gw belajar indikator andalan gw: wisonacci dan wisopivot. Meskipun gw anjurkan sebelum belajar kedua indikator ini, paling ndak kita mesti tau dulu pengetahuan dasar tentang fibonaccinya itu sendiri. Bukan apa-apa sih, biar ndak ngulangi kekonyolan gw aja saat belajar kedua indikator ini [sori, gw ndak cerita soal konyolnya ah... malu-maluin :">] =))
Itu situs-situs tempat gw belajar tentang forex, ditambah dengan "beberapa" e-book [yang ndak terlalu gw rekomendasikan, soalnya lebih banyak bikin pusingnya daripada bikin pahamnya :))] plus rajin nanya sana-sini :)

Kuncinya sih menurut gw, kesabaran, ketelatenan dan keseriusan untuk belajar. Eh, tapi klo udah namanya passion, semua pengorbanan untuk belajar itu ndak kerasa susahnya kok... Gw malah kerasa enjoy loh, meskipun ya... tetep aja ada efek samping, misalnya: kurang tidur, makan ndak teratur dan berat badan turun =)) Tapi aseli, [menurut gw sih :P] belajar segala hal tentang trading forex ini sangat menyenangkan ;)

Jadi, buat temen-temen newbie, tunggu apalagi, ayo segera meniatkan diri untuk belajar serius. Tinggalkan analisis asal-asalan dan untung-untungan :P Welcome to the jungle :D Don't worry, it's fun! :D
Get the ultimate ipad help from iPhone Help Zone.