Saturday 29 August 2009

Jangan gengsi pake virtual :-)

Banyak teman newbie yang ndak mau klo dikasih saran untuk belajar dengan virtual forex dulu. Alesannya macem-macem sih, rata-rata bilang: rugi maen virtual, klopun untung cuma ngiler doang... :)) Sebenernya sih suka-suka aja ya... cuma gw pengen berbagi pengalaman masalah kepake ndaknya virtual forex ini.

Awal gw gabung di MV, terus terang gw nganggep maen forex itu gampang. Pokoknya pede abis deh... Jadi, open position pertama gw langsung pake live forex. Ndak tanggung-tanggung, main margin pol pula :D Gw baru menyadari ke-"belagu"-an gw setelah live forex [gratisan $5 nya] tinggal $1.87 :D

Setelah menyadari ternyata gw ndak "sepinter" yang gw yakini :D , baru deh gw beralih ke virtual forex, bersamaan dengan timbulnya semangat belajar serius tentang segala sesuatu yang berbau forex. Bukan apa-apa, sebenernya akibat penasaran aja [plus rada-rada dendam juga sih :D], soalnya terus terang, di forex ini gw baru menyadari ke-"dudulan" gw :)) Gw yang sebelumnya menganggap diri fast learner, ternyata keok abis di forex =))

Nah, sekarang, setelah gw [rada-rada] paham tentang trading system yang [rada-rada] beres dan bisa dipertanggung jawabkan :D, baru deh gw menyesali kesombongan gw ndak mau pake virtual dulu. Coba dulu ndak asal pake BLT dari MV itu, kan lumayan, biarpun cuma $5, klo dikelola dengan bener bisa jadi gedhe juga loh... ;)

Makanya, gw ndak bosen kasih saran buat temen-temen newbie, jangan gengsi pake virtual dulu buat belajar :-) Ndak ada kata rugi kok... pengalaman mencoba berbagai posisi di berbagai situasi itu sangat berharga, meskipun profit yang kita dapet juga cuman virtual :-)

Saran gw, setelah kita merasa sudah mendapat "touch" yang enak dalam ber-trading atau kita merasa sudah ketemu cara trading yang bener [untuk tau cara trading kita udah bisa dipertanggung jawabkan ato belum, coba liat performance report kita deh :-)], baru deh, pake live forexnya.

Emang sih, biasanya begitu kita terjun ke live forex [apalagi klo udah invest yang lumayan], ada "demam panggung" juga sih :D Itu mungkin salah satu penyebab banyak [calon] trader yang jagoan di virtual, tapi gagal di live forex. Ada banyak saran untuk menghilangkan demam panggung ini. Antara lain: anggap aja live forex kita itu sama aja dengan virtual :D Artinya, usahakan trading tanpa beban. Profit syukur, loss ya enjoy aja... qqqq ;)) Klo masih juga grogi, ya ndak usah liat nilai dolarnya deh... liat aja pergerakan profit/loss dari pips-nya. Itu juga alasan kenapa gw ndak bikin target perolehan trading gw dengan nilai $, tapi dengan pencapaian pips per hari :D

Gimana? mau langsung pake live forex, ato coba belajar pake virtual dulu? qqqq ;)) Mending sekarang coba tengok dulu performance reportnya deh :D
Get the ultimate ipad help from iPhone Help Zone.