Tuesday 10 November 2009

The Art of Feelin' Good

Kali ini gw hanya pengen ngungkapin, semakin gw belajar trading, semakin gw menyadari pentingnya psikologi trading... Dulu gw suka bertanya-tanya, emang ngaruh banged githu, masalah psikologi dengan trading? Sempet rada heran juga, kenapa banyak master yang banyak ngebahas masalah psikologi ini. Mosok segithunya sih ngaruhnya? Apa hanya dengan kondisi psikologis yang positif kemudian langsung bikin transaksi kita jadi profit?

Weh, emang ya ndak ngaruh secara instant githu sih... bukan berarti kalo posisi kita banyak loss tapi karena kemudian kita keep smiling trus yang merah langsung berubah jadi ijo... Itu sih sihir namanya :)) Tapi, gw masih inget banged pernah diwejangi ama suhu, bahwa kondisi psikologis yang positif pada saat trading akan membantu kita dalam mensikapi dan mengambil tindakan untuk mengantisipasi keadaan yang kita hadapi :-)

Lebih gw banyak baca tentang buku-buku psikologi umum, lebih bikin gw yakin bahwa kondisi psikologis seseorang banyak banged pengaruhnya dalam proses pengambilan keputusan. Kalo kondisi psikologis positif, maka pengambilan keputusan akan lebih berdampak positif. Nah, bukannya apa yang kita lakukan saat trading itu selalu berkaitan dengan pengambilan keputusan? Bukannya "pertanyaan yang populer" bagi trader [terutama di room :-)] ndak jauh-jauh dari: buy ato sell? berapa TP? berapa SL? close sekarang ato nggak ya? Nah, itu semua kan menggambarkan keputusan-keputusan yang harus diambil pada saat trading :-) Jelas bahwa kegiatan trading itu serangkaian kegiatan pengambilan keputusan.

Saran gw, sebaiknya hindari trading pada saat kondisi psikologis negatif, karena kecenderungan sesuatu yang negatif akan "menarik" hal-hal yang negatif pula. Ini sih menurut hukum law of attraction :-) Yang jelas, klo yang gw rasakan nih, open position saat mood kita negatif cenderung menghasilkan pips yang negatif juga :D

Lah, gimana klo mood kita negatif terus? brarti ndak trading-trading dong...? Halah, ya jangan biarkan mood kita negatif terus lah... Lagian, bad mood juga dirasakan aja ndak enak kan? Coba deh switch mood kita, dari negatif ke positif. Caranya? Coba lakukan atau setidaknya pikirkan hal-hal yang menyenangkan. Apa itu? Wah, tergantung masing-masing orang sih... Hal yang menyenangkan untuk satu orang belum pasti menyenangkan bagi yang lain. Tapi gw mungkin bisa ngasih sedikit ide :-) Coba pikirkan tentang sesuatu yang berkaitan dengan hobi, binatang kesayangan ato orang yang kita sayangi [eh tapi, asal kita ndak lagi patah hati loh ya... klo lagi patah hati sih malah bisa bikin makin runyam =)) ], ato bisa dicoba dengan mendengarkan musik yang sesuai dengan selera. Sebaiknya dicoba-coba aja deh, nanti kita akan tau, apa yang bisa bikin mood berubah menjadi positif secara cepat :-)

Eh, syukur-syukur sih passion kita emang di trading, jadi dengan liat chart aja mood yang negatif jadi hilang :-) Ngg... terus terang klo gw sendiri sih biasanya ngilangin bad mood ya dengan cara: buka streamster, cari swing dan tarik fibo =)) Weleh, jadi ketauan nih... :"> Dasar maniak chart... =))

Get the ultimate ipad help from iPhone Help Zone.