Monday 16 November 2009

Begin With The End In Mind

'Tul... Emang, gw ambil judul post kali ini dari habit pertama dalam The 7 Habits-nya Stephen R. Covey. Gw pengen sedikit ngebahas tentang bagaimana sih membuat segala target yang ingin kita capai itu menjadi lebih "menyenangkan" :-)

Umumnya kita, klo udah bicara tentang "target", yang kebayang adalah sesuatu yang "harus" kita capai, sesuatu yang butuh usaha keras, singkatnya: bikin stress deh... :D Lah, klo belum apa-apa udah stress duluan, gimana kita bisa memunculkan energi positif untuk mewujudkan apa yang ingin kita capai itu?

Nah, itu dia masalahnya... kebanyakan orang modern sekarang emang udah terjangkit penyakit "harus-itis" :D Lah, apaan lagi tuh? xixixix... itu sih cuma istilah yang dipake untuk menggambarkan bagaimana orang modern sekarang banyak dibebani dengan berbagai macam "keharusan" pencapaian [yang biasanya dibikin sendiri]. Bentuknya bisa macem-macem, misalnya: dalam 5 tahun ke depan gw harus naik jabatan, ato dalam jangka waktu 5 bulan ini usaha gw harus balik modal, ato yang [menurut gw] konyol misalnya: dalam tahun ini gw harus nikah... :)) Halah... =)) Mosok sampe urusan yang kayak githu aja mesti pake target :p

Lah, terus gimana doong... apa klo githu kita ndak perlu punya target? Weh, gw ndak bilang githu... Pada intinya, gw malah menekankan perlunya menetapkan visi dan tujuan yang ingin kita capai di masa depan. Gw sepakat bahwa segala sesuatunya itu perlu direncanakan. Tapi.... ada tapinya nih... :-) Kita perlu bikin gimana caranya supaya "target" yang ingin kita capai itu tidak kita rasakan sebagai suatu "keharusan" yang ujung-ujungnya dirasakan sebagai suatu beban...

Pengen tau caranya? Gini, usahakan "target" itu menyenangkan untuk dibayangkan dan kita bisa betul-betul merasakan "rasa"nya. Mau contoh? Misalnya: daripada kita pasang target "500 pips sehari", misalnya, mendingan kita bikin visi seperti: "gw dapat 500 pips sehari, jadi akhir tahun ini gw bisa liburan ke Bali" Terus... kita bisa bayangkan apa saja yang akan kita lakukan saat liburan akhir tahun di Bali itu... Oh... gw mau berjemur seharian di pantai, oh... gw mau surfing, oh... gw mau diving..., oh... gw mah mau nungging =)) Terserah deh... suka-suka :)) Pokoknya, bayangkan hal-hal yang mengasyikkan buat kita... Asyik kan? Nah, itu yang dinamakan mind mapping :-) Dijamin dengan membayangkan dan merencanakan hal-hal yang menyenangkan semacam itu, yang keluar adalah energi positif, bukannya stress karena membayangkan keharusan dapet 500 pips sehari ;)

Gambaran yang gw kasih di atas itu sekedar contoh :-) Masing-masing orang punya passion yang berbeda, jadi mungkin hal-hal menyenangkan yang bisa membangkitkan energi positif juga berbeda untuk masing-masing individu. Silahkan cari sendiri, apa sih yang bisa bikin kita timbul semangat untuk ingin mencapainya? Yang jelas, disitulah bedanya kita "begin with the end in mind" dengan sekedar pasang "target". Membayangkan hal-hal menyenangkan yang ingin kita capai akan menimbulkan energi positif, sedangkan target cenderung menimbulkan energi negatif :-)

Eh, btw, pernah ada yang nanya ke gw: target loe berapa pips sehari? gw jawab: oh... dulu gw pasang target 1K pips sehari :-) Weh, untung aja dia ndak nanya berapa target gw sekarang :D Klo pertanyaannya githu, huaduuh... terus terang gw ndak bisa jawab angka pastinya :p Ada yang bisa bantu ngitungnya ndak? Soalnya sekarang gw lagi pengen liburan sebulan penuh di pantai pasir putih di kepulauan di utara sono... ;) xixixix... Just kidding... =))
Get the ultimate ipad help from iPhone Help Zone.