Sunday 22 November 2009

Put First Thing First

Gimana hayoo... cara masukin batu, kerikil, pasir dan air ke dalam sebuah gelas? Weh, ngapain juga masukin benda-benda kayak githu ke gelas? xixixix... Bukan iseng loh... :D Gw cuma mau memperlihatkan bahwa berbeda urutan kita masukin benda-benda itu ke dalam gelas, berbeda nantinya komposisi akhir benda yang dimuat di gelas itu... :-) Kalo urutan masukinnya: air, pasir, kerikil, baru terakhir batu, dijamin hasilnya berantakan, banyak berceceran ato malah si batu terlanjur ndak kebagian tempat di gelas itu. Tapi, klo urutan kita masukinnya: batu, kerikil, pasir, baru kemudian air, kemungkinan besar hasil kerja akan lebih rapih, dan, ini yang lebih penting: semua benda itu kebagian tempat!

Trus emang kenapa githu? Ya... gw cuma mau nggambarin bahwa skala prioritas kita dalam menentukan kegiatan apa yang kita lakukan sehari-hari akan sangat ngaruh dalam total kegiatan apa saja yang bakalan bisa kita lakukan setiap harinya... :-)

Pernah ato sering merasa ada banyak kegiatan yang semestinya wajib kita lakukan tapi sering ndak sempat dilakukan? Klo jawabnya iya, ada baiknya coba ditinjau lagi deh... barangkali kita salah dalam menentukan urutan prioritas kegiatan kita :-) Barangkali kita kebanyaken masukin pasir (kegiatan yang kurang penting) duluan, jadi batu (kegiatan yang penting) malah akhirnya ndak kebagian tempat :-)

Lah, trus atas dasar apa kita menentukan prioritas kepentingan masing-masing kegiatan? Nah, klo yang ini, kembali lagi kepada purpose of life masing -masing :-) Jadi, silahkan tentukan dulu purpose of life, kemudian dari situ kita bisa tetapkan skala prioritas kegiatan, trus usahakan lakukan kegiatan sesuai skala prioritas tersebut :-) Weh, ruwet amat... xixixix.... Sebenernya ndak juga kok... itu kan teorinya :-) prakteknya ndak harus serumit itu... :D Kita bisa krasa kok, kalo kegiatan "ini" lebih penting dari kegiatan "itu", misalnya... :-)

Mau contoh? Gini: karena purpose of life gw itu gimana bisa hidup seimbang dan dikelilingi banyak kasih sayang [cieee... xixixix...] maka gw merasa bahwa kegiatan berkunjung ke rumah sodara di akhir pekan itu lebih penting dari baca novel di kamar. Toh untuk baca novel [diumpamakan air di contoh gelas tadi] selalu ada tempat di sela-sela kegiatan yang lebih penting. Klo emang namanya udah hobi, ya..., asal masih punya tenaga pastilah kita punya waktu untuk melakukannya [kadang-kadang pake dibela-belain begadangan segala... xixixix... Lah, buktinya, gw lewat tengah malem gini masih sempet-sempetnya posting... halah... :"> xixixix...] Ya githulah, kira-kira gambarannya... :-)

So, mari kita tetapkan skala prioritas :-) Klo emang punya purpose of life: hidup yang penuh kasih sayang, ya utamakan dooong menjaga relationship dengan orang-orang yang kita sayangi. Oya, silahkan share juga ide ini dengan orang-orang yang kita sayangi. Lah... gw juga barusan sharing kan? :">

Percaya deh, waktu untuk kegiatan yang lain macam ngutak-atik indikator ato maen bejeweled itu selalu ada... ;) xixixix... *kabuuurrrr... [sebelum kena hukuman lari keliling lapangan... =)) ]
Get the ultimate ipad help from iPhone Help Zone.