Wednesday 15 July 2009

"Yang penting konsistensi" :-)

Kurang lebih 3 bulan yang lalu, saat pertama gw bisa close +210 pips di satu posisi, gw laporan [plus pamer :D] ke mentor [dengan harapan dapet pujian]. Mau tau apa jawabnya? Yup, persis dengan judul posting kali ini. Sesingkat itu. Ampyun deh... Rada-rada kecewa juga sih, maklum, buat gw saat itu, close dengan kondisi positif di atas 200 pips itu "barang baru" :D

Sekarang, setelah kurang lebih belajar trading 4 bulan, baru deh kerasa, bahwa emang konsistensi itu ternyata penting banget. Contohnya? Ya itu tadi misalnya, ndak ada gunanya kita profit gedhe tapi hanya sekali [ato beberapa kali] aja, abis itu loss terusss... bener kan?

Lebih jauh lagi, konsistensi ternyata juga dibutuhkan di beberapa hal lain menyangkut trading, ndak cuma masalah perolehan profit. Profit bisa dibilang kan hasil dari beberapa tahapan usaha [ato proses] kita dalam trading. Sebelum profit [ato loss] didapet, tentunya kita kan udah njalani prosesnya, misal: menetapkan trading plan kemudian menjalankannya, melakukan analisis yang perlu, margin management, sampai pengambilan keputusan yang perlu dengan berbagai macam pertimbangan, misal penentuan target profit, perlu tidaknya stop loss, ato bahkan pertimbangan perlu tidaknya cut loss de el el lah, sampai posisi ter-closed dan profit [ato loss] benar-benar terjadi. Nah, untuk semua proses itu diperlukan konsistensi.

Konsistensi dalam ber-trading ini akan lebih mantap lagi [meminjam istilah di room :)] klo disertai juga dengan kesabaran, makanya di posting yang lalu gw juga pernah bilang, ternyata dalam belajar trading itu perlu banget yang namanya kesabaran...

Weh, ndak usah mengerutkan kening githu deh... ;)) bukan maksud gw bikin semuanya jadi rumit kok... :) Jalani [dan jangan lupa, "enjoy with passion"] aja proses belajar dengan sabar, telaten dan tekun. Klo di awal-awal kita dapet profit ato loss yang lumayan, jangan keburu seneng ato sebaliknya, putus asa. Jalan masih panjang, saudaraku... :) Mudah-mudahan dengan kesabaran dan konsistensi, akan keliatan hasil yang diharapkan dan profit yang konsisten setiap periodenya :)
Get the ultimate ipad help from iPhone Help Zone.