Wednesday 1 July 2009

Belajar "sabar" dengan trading :-)

Aseli, gw nggak nyangka, bahwa untuk jadi trader itu butuh yang namanya "sabar". Dulu, saat gw bikin job analysis untuk dealer [yang kerjaannya kurang lebih sama dengan trader] di bank, salah satu kriteria psikologis yang selalu diusulkan oleh responden dari kuesioner adalah "sabar".

Waktu itu sih gw cuma nurut aja masukan dari para responden [yang adalah job incumbent dari jabatan tersebut] tanpa pikir panjang. Emang sempet ada sedikit keraguan, apa iya sih, untuk jadi dealer [yang gw sempat melakukan pengamatan langsung di dealing room selama beberapa jam] butuh kesabaran? Soalnya terus terang, "aroma" yang gw tangkap dari dealing room itu amat sangat dinamis, yang gw pikir apa-apanya harus dilakukan dengan "gerak cepat". Mosok sih di lingkungan kerja yang sedemikian dinamis, justru diperlukan kesabaran?

Sekarang, baru 4 bulan gw belajar jadi trader, gw bener-bener menyadari bahwa emang, untuk jadi trader butuh banget yang namanya kesabaran. Ada saat-saat mengamati pergerakan chart, yang jelas butuh kesabaran. Ada saat-saat memanage margin, yang juga butuh kesabaran. Belum lagi klo nunggu TP yang belum juga kecapai, jelas butuh kesabaran. Menghadapi koneksi yang lemot [khusus buat gw nih] jelas butuh kesabaran. Apalagi yang namanya proses belajar, [buat gw yang emang dudul ;))] untuk bisa paham satu indikator aja, gw musti bolak-balik dari babypips ke streamster, dicoba, diamati, balik lagi ke babypips, baca lagi, pahami lagi, balik lagi ke streamster, dst. Coba, gimana nggak butuh kesabaran tuh? Apalagi setelah [rada-rada] paham dengan indikator-indikator itu [dengan perjuangan yang susah payah], ternyata kemudian sekarang "trend"-nya justru menuju "naked chart". Weleh-weleh, rada-rada kesel juga sih... :P Weh, tau githu kan gw nggak susah payah belajar banyak indikator qqqq ;))

Tapi jangan salah, gw menikmati kok semua proses belajar yang butuh kesabaran tadi :) Selain gw tambah pengetahuan, ada efek samping yang baiknya: gw jadi "relatif" tambah sabar. Gw bilang relatif loh, soale emang masih jauh, wong dasarnya gw itu orangnya nggak sabaran :D

Bagaimanapun, saran gw untuk newbies yang mau belajar tentang forex, siapkan kesabaran sebanyak-banyaknya :) Nggak ada yang bisa dicapai secara instan, semua butuh proses, semua butuh kesabaran. Gw jadi inget kata-kata "indah" dari para support di MV, "Terimakasih atas kesabarannya" :)
Get the ultimate ipad help from iPhone Help Zone.